Kamis, 21 Januari 2010

Sepeda Motor Hidrogen

Suzuki Motor Corp. menggandeng Intelligent Energy (IE) untuk mengembangkan prototipe Sepeda Motor Hidrogen. IE adalah perusahaan yang mengembangkan ENV, sepeda motor berteknologi fuel-cell pertama di dunia. Bahan bakar fuel-cell adalah hidrogen.



Sepeda motor masa depan yang dihasilkan dari partnership itu akan digerakkan fuel cell Proton Exchange Membrane (PEM). Teknologi PEM ini dibanggakan IE karena memiliki peforma unggul untuk aplikasi otomotif. Disain PEM menggunakna plat bipolar metallic tips, yang memungkinkan fuel-cell berukuran kompak dan mudah diproduksi secara massal.

"Sebagai perusahaan, kami memiliki sejumlah teknologi ramah lingkungan unggulan yang berbasis pada fuel cell dan sistem pemrosesan bahan bakar. Kami bekerjasama dengan perusahaan partner untuk mengintegrasikan sistem kami ke produk mereka," kata CEO IE Dr Henri Winand saat mengumumkan kerjasamanya dengan Suzuki Motor Corp.

ENV dapat beroperasi selama empat jam dengan satu tangki hidrogen tanpa isi ulang dengan sejauh 160km di lalulintas kota. ENV yang diperkenalkan pada Maret 2005 ini mampu mencapai kecepatan 80km/jam.

0 komentar:

Posting Komentar