Kamis, 21 Januari 2010

Sepeda Listrik, Masyarakat China Benci

Meskipun mengusung isu ramah lingkungan, namun tetap saja, sepeda listrik dibenci oleh masyarakat China. Lho, kenapa?

Hal tersebut karena ternyata, sepeda listrik sering menimbulkan kecelakaan di jalan-jalan raya China. Maraknya kecelakaan yang kadang menimbulkan korban jiwa tersebut terjadi karena sepeda itu dijalankan hampir tanpa suara. Sepeda listrik pun disebut 'Silent Killer' alias pembunuh tanpa suara.

Apalagi, setelah otoritas lalu lintas di China mengumumkan jumlah pengguna sepeda listrik naik sampai sekitar 120 juta, dari sebanyak 50.000 satu dekade lalu. Tahun 2001, jumlah kecelakaan tidak lebih dari tiga lusin, lalu meningkat menjadi 2.469 di 2007.

Seperti dilansir Wall Street Jurnal, Rabu (20/1/2010), salah satu alasannya, pengemudi sepeda listrik tidak memerlukan Surat Izin Mengemudi (SIM), sehingga mereka pun tidak perlu mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku.

"Para pengguna sepeda listrik itu selalu tidak memperhatikan. Masalahnya adalah mereka bergerak terlalu cepat. Aku melihat sebuah kecelakaan di sana hari lain di mana seseorang dengan sepeda listriknya menerobos persimpangan dan menabrak sepeda biasa," ujar salah satu petugas lalu lintas China, Zhao Delong.

"Pengendara sepeda listrik sama sekali tidak memiliki hati nurani dan tidak menghormati hukum," keluh Wang Mingyue, seorang blogger di Beijing.

Pihak berwenang di China telah mencoba berbagai cara untuk membatasi jumlah sepeda listrik, namun karena harganya yang terjangkau, serta praktis untuk menyusuri kota-kota besar yang sesak, sepeda listrik tetap populer.

0 komentar:

Posting Komentar