Selasa, 26 Januari 2010

Apple dan Nokia Jawara Pasar Mobile Dunia

Apple dan Nokia masing-masing mengontrol pangsa pasar mobile dunia. Kedua perusahaan berbagi wilayah dominasi pasar, negara maju dan negara berkembang.

Menurut laporan AdMob pada kuartal terakhir 2009, Apple iPhone, iPod Touch, sistem operasi iPhone merajai pasar di Eropa Barat, Amerika Utara, Amerika Latin dan Oceania (Australia, Selandia Baru dan negara di dekatnya).

Sementara itu, perangkat mobile Nokia dan sistem operasi Symbian menguasai wilayah Afrika, Asia dan Eropa Timur.

AdMob yang menjual iklan melacak ponsel dan perangkat bergerak yang digunakan di area global.

Untuk skala dunia, Nokia kehilangan pasar dari Apple pada tahun 2009, dengan porsi permintaan iklan jaringan AdMob turun 18% pada kuartal keempat tahun 2009 dari angka 33% di kuartal yang sama tahun 2008.

Pada sisi yang berlawanan, porsi Apple untuk permintaan jaringan AdMob mengalami peningkatan sebesar 36% pada kuartal keempat tahun 2009 dari 9% kuartal keempat tahun sebelumnya.

Sementara itu, pembuat hanset HTC mengalami peningkatan menjadi 6% pada kuartal keempat tahun 2009 dari porsi 1% pada kuartal keempat tahun 2008, berkat penjualan luar biasa ponsel mereka yang berbasis Google Android di Amerika Utara dan Eropa Barat. Produsen BlackBerry Research In Motion tetap pada porsi angka 3%.

Meskipun ponsel pintar terhitung hanya sekitar 14% dari total jumlah penjualan perangkat mobile tahun 2009, tetapi mereka menggunakan 39% raihan trafik jaringan AdMob. Secara keseluruhan, trafik dari ponsel Android meningkat 16% pada kuartal keempat tahun 2009 dari jumlah porsi 1% tahun 2008.

Di luar wilayah spesifik pada kuartal keempat 2009, Apple di Amerika Utara memenangkan 40% porsi pasar, diikuti oleh Samsung sebesar 17% dan Motorola 11%.

Di arena sistem operasi, Android memangkas pasar Amerika Utara sebesar 27%, wilayah terbesar pengguna Android yang dilacak oleh AdMob.

Apple juga memimpin di Amerika Latin dengan 39% porsi pasar, meninggalkan Nokia dengan angka 15% dan Sony Ericsson dengan 11%.

Di Eropa Barat, perangkat Apple mengambil lahan sepertiga dari permintaan iklan yang dilacak oleh AdMob. Sementara Nokia, Samsung dan Sony Ericsson kehilangan tempat.

Di zona Oceania, Apple sekali lagi menguasai gelombang pangsa pasar, terhitung dengan mayoritas trafik yang besar terlihat oleh AdMob.

Tetapi Nokia masih merupakan firma yang merajai pojok bola dunia. Perusahaan tersebut memimpin sebagai produsen ponsel di Asia, mengambil 53% trafik AdMob di kuartal ke-empat 2009.

Di Afrika, Nokia memenangkan 54% trafik sedangkan di Eropa Timur, Nokia kehilangan sedikit porsi, tetapi masih memegang dominasi sebesar 35% pangsa pasar di kuartal keempat, diikuti oleh Apple dengan 23%.

0 komentar:

Posting Komentar